16 October 2017

Home Elektro Tips › Memperbaiki Kabel Fleksibel Yang Rusak

Memperbaiki Kabel Fleksibel Yang Rusak

Daftar Isi [Lihat]

Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak - kabel fleksibel ini biasa disebut kabel optik, kabel printer, kabel data, flat kabel, kabel pita, kabel pipih.. atau mungkin pembaca mempunyai sebutan lain untuk kabel ini?

Pada artikel saya yang lain, saya juga pernah membahas tentang cara cepat untuk mengecek kabel fleksibel ini dan bukan untuk memperbaiki karena rusak, jadi hanya untuk mengecek saja secara cepat dan praktis untuk mengetahui putus atau tidaknya saja karena pada kabel fleksibel tersebut terdapat banyak pin dan akan memakan banyak waktu bila kita ngecek pinnya satu persatu.

Baca Juga Cara cepat mengecek kabel fleksibel

Memperbaiki Kabel Fleksibel Yang Rusak

Kali ini saya juga akan berbagi tips dan masih di seputaran kabel fleksibel, yaitu cara untuk memperbaiki / mengupas / menyambung kabel fleksibel yang rusak ataupun sobek.

Sebenarnya kabel ini mudah didapat dan berharga cukup murah, namun ada juga beberapa model dari kabel tersebut sulit ditemukan di pasaran.

Semisal kabel fleksibel dengan beda pada sisi pinnya, jadi pada sisi ujung kabel yang terkupas tersebut tidak sama.

Atau contoh yang lain tentang kabel fleksibel yang sulit ditemukan di pasaran adalah jumlah pin yang tidak seperti biasanya (lebih banyak) dan juga ada yang lebih sedikit pinnya (hanya 4 pin).

Mengganti Kabel Fleksibel Dengan Jumlah Pin Yang Berbeda

Untuk mengatasi masalah kabel fleksibel dengan jumlah pin yang lebih banyak dari biasanya kita bisa mengakalinya dengan menggabungnya / menjejerkannya saja.

Contoh,  kabel fleksibel yang rusak adalah pinnya berjumlah 27 pin sedangkan kabel tersebut tidak umum (sulit di dapatkan di pasaran).

Maka kita bisa mengakalinya dengan menggabungkan / menjejerkan dua utas kabel fleksibel yang umum di pasaran, biasanya 16 pin (kabel optik VCD).

Dan selanjutnya kita belah salah satu kabel tersebut dan membuang 5 pin, dan perhatikan juga jarak sela antar pin-nya.

Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak
Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak

Contoh yang lain seperti kabel yang rusak adalah kabel fleksibel dengan pin yang hanya berjumlah 4 pin, maka kita bisa mengakalinya dengan membelahnya saja kabel yang tersedia menjadi 4 pin seperti kabel yang dimaksudkan tersebut.

Baca Juga Mengganti Kabel Fleksibel Laptop Dengan Kabel Optik VCD

Cara mengupas kabel fleksibel

Solusi mengupas kabel fleksibel ini dilakukan bila kabel fleksibel tersebut memang tidak terdapat di pasaran karena stok telah habis atau kita malas membelinya karena jarak dari rumah ke toko elektro sangat-sangatlah jauh.. so far away.. wuss wuss.. 

Sebenarnya solusi dengan mengupas kabel fleksibel ini tidak dianjurkan karena memakan waktu agak lama dan dibutuhkan ketelatenan karena kabel fleksibel terkadang ada yang sangat tipis dan lagi kita bisa mengatasi dengan praktis dan tanpa membuang banyak waktu bila perbedaan kabel hanya karena jumlah pin yang berbeda, seperti cara di atas.

Oke.. mari memulai..
Peralatan yang dibutuhkan adalah, cutter, gelas kaca serta botol / gelas plastik air mineral => bila diperlukan saja.

Gelas plastik air mineral ini diperlukan untuk mengganti pengganjal kabel (biasanya yang berwarna biru).

Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak
Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak


Langkah awal, potong ujung kabel yang telah rusak dan juga jangan sampai lupa sisi kupasan pada kabel tersebut, jangan sampai terbalik.

Jangan buang pengganjalnya (plastik yang biasanya berwarna biru).

Bila sudah tidak terdapat pengganjal tersebut, pembaca bisa menggantinya dengan plastik gelas air mineral, potong / gunting sesuai ukuran seperti yang lama (lihat  pada sisi ujung  kabel yang satunya).

Selanjutnya letakkan kabel fleksibel pada sisi luar gelas kaca, posisikan gelas tersebut sebagai tatakan, sehingga posisi kabel fleksibel menjadi melengkung seperti permukaan gelas.

Posisi kabel ini adalah memanjang searah vertikal dari gelas dan bukan melingkari gelas tersebut.

Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak
Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak


Kupas dengan menggunakan bagian tengah dari pisau cutter (bukan ujung cutter).

Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak kebablasan hingga mengupas sela-sela pinnya.

Karena bila sampai kebablasan dan mengupas sela pinnya, maka sela / jarak tiap pinnya akan mengerut dan menempel / konslet.

Jadi lakukan dengan hati-hati.

Setelah kita berhasil mengupas kabel fleksibel tadi tahap selanjutnya adalah memasangkannya pada soket / terminalnya.

Masukkan kabel terlebih dulu kemudian pengganjalnya dan pastikan tiap pinnya tersambung dengan baik dan tepat pada tiap konektornya.

Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak
Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak

Nah.. sangat mudah bukan?
Semoga artikel tentang cara untuk Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak ini bermanfaat bagi pembaca semua..

Artikel ini adalah pindahan dari blog www.romli.net © All rights reserved.
Memperbaiki kabel fleksibel yang rusak, Cara memperbaiki kabel flexible touchpad laptop, Solusi Perbaikan Kabel Fleksibel Pada Jumlah Pin Yang Berbeda, Mengakali dan memperbaiki kabel fleksibel yang rusak, cara menyambung kabel fleksibel yang sobek, cara cek kabel flexible laptop, fungsi kabel flexible laptop, cara memperbaiki kabel fleksibel touchscreen, kabel flexible touchpad laptop asus, ciri ciri fleksibel hp rusak, penyebab fleksibel laptop rusak, kabel flexible touchpad asus x453m, ciri ciri kabel fleksibel laptop rusak, alat pengupas kabel fleksibel, ciri ciri kabel flexible printer epson rusak, cara menyambung kabel flexible, cara memperbaiki kabel printer

Related Posts

9 comments

  1. wah mantap kang... saya gak lukun kalau suruh ngupas yang kecil - kecil.. mending panggil orang lain aja ... hahaha

    ReplyDelete
  2. Kabel flesibel dirumah saya banyak, pernah saya mencoba mengupasnya ,ternyata susah juga. Kalau saya lebih suka beli baru saja deh.

    ReplyDelete
  3. Ternyata ilmu mengupas kabel saja ada. Kalau saya jadi ingat istilah mengupas bawang. hehehe

    ReplyDelete
  4. Printer saya mati total, setelah saya copot kabel flexi, eh ternyata rusak. Ingin coba cara ini dulu ah

    ReplyDelete
  5. Elektro butuh kesabaran,ketelitian.makasih atas infonya

    ReplyDelete
  6. Bg aku mau nanyk, kan keyboard lapto saya 6 h y sam n nya nagk mau dipencet , jadi misalnya saya potong sedikit kabal fleksibelnya yang ujung nya terus saya pasang lagi kira kira bermasalah ngak ya atau gimana bg, tolong solusinya bg🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah yg seperti itu biasanya bermasalah pada jalur keyboard.. tapi kalo memang terjadi korosi pada ujung kabelnya silahkan potong saja tapi dikit aja.. semoga berhasil

      Delete