17 September 2018

Home Elektro Tips › Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED

Daftar Isi [Lihat]

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED - sobat pembaca.. di artikel ini kita akan mencoba cara yang mudah untuk memperbaiki / mengganti lampu backlight atau istilah yang tepat adalah "mengakali" dalam penggantian backlight led di TV LED.

Artikel ini saya tulis karena mengalami kesulitan untuk mencari sparepart yang sama (Backlight tv led) dengan type TV LED yang saya kerjakan.

Sebelumnya, gejala dari kerusakan TV LED yang rusak ini adalah layar menjadi gelap, tapi masih terlihat gambarnya ketika panel tersebut disoroti senter.

Eksekusi langsung dilanjutkan untuk melepas dan mengganti sederet led yang berada di balik panel karena ada beberapa dari led yang ada ternyata sudah putus dan juga konslet.

Hampir seharian dan hampir semua toko elektro di kota saya sudah saya samperin namun tak ada satupun yang menyediakan sparepart yang sama dengan type yang saya cari.

Susunan led di Backlight TV LED

Akhir dari pencarian tersebut saya terpaksa membeli backlight dari model TV LED yang berbeda tapi diameter LED dari backlight tersebut sama besarnya dengan diameter LED backlight yang rusak tadi.

Rencana selanjutnya adalah mengakalinya dengan mengganti LED yang putus atau yang short saja.

Perlu diingat, bahwa sebuah LED dari backlight tersebut membutuhkan tegangan 3 Volt dan LED di backlight ini disusun secara seri.

Jadi bila sederet LED yang ada di backlight tersebut terdapat 5 biji berarti tegangan yang diperlukan adalah 5 x 3 volts = 15 volts.

Baca Juga Cara Menghitung Resistor untuk LED 12V ~ 220V

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED

Mari memulai..
Peralatan tambahan yang diperlukan adalah:
- Power supply variable (3v-15v)

Perbaikan LED yang rusak kali ini adalah mencari dan dilanjutkan dengan mengerok jalur tegangan anoda dan katodanya.

Hmm.. apa ya istilahnya mengerok disini?..
.. intinya kita berusaha untuk membuka jalur tegangan LED nya..

Kerok secara tipis / sedikit saja asal sudah kelihatan tembaganya, itu sudah cukup.
Pengerokan disini dimaksudkan agar kita bisa mensupplynya langsung di jalur tiap LED.

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED
Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED


Pada LED yang tersusun secara seri ini, bila kita memberi tegangan hanya di satu LED saja maka LED yang lainnya tidak ikut menyala.

Dan sekali lagi perlu diingat, bila kita memberi tegangan hanya pada satu LED saja, maka putar skala power supply pada 3 V dan bila kita ingin memberikan tegangan untuk 2 buah LED maka putar pada skala 6 V begitu seterusnya.

Bila jalur tegangan dan LED yang rusak sudah ditemukan kita tinggal memotongnya dengan tang potong atau apa saja asalkan bisa terpotong kemudian menggantinya dengan potongan LED dari backlight yang baru dan menyambungnya menggunakan kabel.

Jangan sampai terbalik kutub anoda dan katodanya.

Sebelum dirakit dan dipasangkan pada frame, rangkailah terlebih dahulu backlight tadi di luar frame TV dan cek sekali lagi apakah semua LED sudah dapat menyala dengan benar?.

Dan alangkah baiknya beri isolator (double tape) pada sisi ground backlight modifikasi kita tadi karena kita disini memasangkan backlight dengan type yang berbeda dengan sparepart aslinya.

Kecuali jika anda sudah mengeceknya bahwa sisi ground pada backlight modifikasi kita tadi adalah sama dengan sisi ground backlight aslinya.

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED
Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED

 Setelah semuanya beres, pasangkan backlight LED pada frame TV LED serta susun agar tiap LED tepat pada lubang reflektornya seperti semula dan jangan lupa rapikan..
Tara.. TV LED sudah bisa manyala kembali..

Baca Juga Skema Running LED tanpa IC
Nah.. mudah sekali bukan?
Semoga artikel tentang cara Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED ini bermanfaat bagi pembaca semua..

Artikel ini adalah pindahan dari blog www.romli.net © All rights reserved.
Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED, Susunan led di Backlight TV LED, Cara Memasang Backlight Panel TV LED, Mengganti Backlight Panel TV LED, Memperbaiki Backlight Panel TV LED, Memodifikasi Backlight Panel TV LED, Mengakali Backlight Panel TV LED yang rusak, tegangan backlight tv led toshiba, cara cek backlight led tv, rangkaian backlight tv led rakitan, cara menurunkan tegangan backlight tv led, tegangan backlight tv led lg 32, tegangan backlight tv led polytron 32, skema backlight tv led, cara membuat inverter backlight tv led, rangkaian backlight tv led rakitan, rangkaian backlight tv led rakitan, cara membuat inverter backlight tv led, skema backlight tv led, penyebab backlight tv led mati, tegangan backlight tv led toshiba, cara cek backlight led tv, cara menurunkan tegangan backlight tv led, tegangan backlight tv led lg 32

Related Posts

No comments:

Leave a Comment