17 May 2019

Home Elektro Tips › Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar

Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar

Daftar Isi [Lihat]

Cara cepat memperbaiki kipas angin yang seret tidak mau berputar - kerusakan dari kipas angin ini beragam, dimulai dari kipas angin yang berputar lambat, kipas angin mendengung hingga bau gosong.
Pada halaman lain di blog ini saya juga pernah mengulas tentang kerusakan kipas angin seperti, Kipas angin mendengung dan bau gosong, Kipas angin berputar lambat (cara untuk mempercepatnya) dan sebagainya.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara untuk mengatasi kipas angin yang tidak mau berputar, padahal spul (lilitan) tidak putus.

Gejala yang nampak adalah,
Motor kipas angin hanya mendengung saja. 

Dan bila dibantu dengan memutar baling-balingnya menggunakan tangan maka baling-baling tersebut tidak bergerak sama sekali (nge-lock). 

Kondisi tersebut akan berbeda bila kipas angin tidak diberi tegangan (keadaan off) baling-baling dapat diputar dengan lancar.

Gejala seperti ini berbeda bila kipas angin mendengung tapi bila kita putar menggunakan tangan lalu bisa berputar maka kerusakan adalah pada kapasitornya atau bisa juga lilitan untuk jalur kapasitornya telah putus.

Baca Juga Kipas angin mendengung dan bau hangus

Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar

Cek bushing kipas angin

- Cek kondisi as kipas angin, pada kerusakan kipas angin yang tidak mau berputar ini kondisi as dari motor kipas angin akan terlihat goyang.

Seperti pada video di bawah ini:

- Bongkar kipas angin dengan hati-hati.
- Kemudian ambil bushing kipas angin seperti gambar di bawah

Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar

Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar

- Ganti dengan yang baru.
Beli di toko elektronik terdekat dengan membawa bushing kipas angin yang lama sebagai contoh ketika membeli.

- Setelah mendapatkan bushing kipas angin yang baru, lalu pasang kembali seperti semula.
- Setelah terpasang semua, pastikan putaran kipas angin tidak seret.

- Lalu coba nyalakan kipas angin tersebut.

Tara...
Kipas angin berputar kembali seperti baru.

Semoga artikel tentang Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Artikel ini adalah pindahan dari blog www.romli.net © All rights reserved.
Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar, Bushing kipas angin, Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan Berdengung, Cara Memperbaiki Kipas Angin Baling Baling Tidak Berputar, Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Berdengung Tidak Mutar, Servis Kipas Angin Tidak Bisa Berputar / Macet tapi ada Suara Dengung, cara memperbaiki kipas angin gantung tidak berputar?, kipas angin tidak berputar dan berdengung, penyebab kipas angin panas dan tidak berputar, dinamo kipas angin panas dan tidak berputar, kipas angin dengung tapi gak muter, cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa tengok kanan kiri, cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat, cara memperbaiki kipas angin mati total, cara memperbaiki kipas angin tidak berputar, cara memperbaiki kipas angin gantung tidak berputar?, kipas angin tidak berputar dan berdengung, penyebab kipas angin panas dan tidak berputar, dinamo kipas angin panas dan tidak berputar, kipas angin dengung tapi gak muter, cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat, cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor

Related Posts

1 comment

  1. Ketika Anda menonton televisi di rumah ataupun di tempat lainnya pernahkah merasakan gambar pada LED TV kurang jernih? Tentu hal tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman ketika sedang menyaksikan tayangan TV favorit.Frog Keyboard

    ReplyDelete