06 March 2015

Home Elektro Tips › Kipas Angin Mendengung dan Bau Gosong

Kipas Angin Mendengung dan Bau Gosong

Daftar Isi [Lihat]

Kipas angin mendengung dan bau gosong / sangit - Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas tentang cara untuk memperbaiki kipas angin yang mati (ditandai dengan bau gosong).
Memang banyak sekali jenis kerusakan kipas angin ini, beberapa kerusakan kipas angin yang sering terjadi adalah: hanya mendengung dan dengan putarannya yang sangat lemah dan juga ditandai dengan bau plastik terbakar.

Dan kebetulan saja, yang akan kita bahas kali ini adalah kerusakan kipas angin ditandai dengan bau hangus, mendengung dan dengan putaran yang sangat lemah.
Baca Juga Cara mudah mempercepat putaran kipas angin

Kipas Angin Mendengung dan Bau Gosong

Bila sobat sudah terbiasa dengan bau terbakarnya suatu komponen, mungkin akan lebih cepat untuk menyelesaikan masalah yang ada.. (hehehe.. dibutuhkan penciuman yang handal).

Permasalahan yang saya hadapi ini memang terdapat bau sesuatu yang terbakar (bau gosong).
Namun bila dicermati lagi bau terbakar tersebut seperti bau terbakarnya plastik, bukan bau terbakarnya spul (lilitan) yang ada di motor kipas angin, dan disertai dengan suara dengungan pada motornya.

Pembaca mungkin lebih tahu untuk membedakan antara bau hangus plastik yang terbakar atau bau spul motor yang terbakar.
Baca Juga Cara mudah memperlambat putaran kipas angin

Penyebab kipas angin bau gosong

Kesimpulan awal yang saya tebak dalam perbaikan kali ini adalah ada bau plastik yang terbakar! inilah penyebab bau gosong tersebut.. namun saya tetap saja melakukan pembongkaran untuk pembuktiannya.

Dari pengecekan yang telah dilakukan, yang didapatkan adalah spul yang terdapat di motor tersebut terlihat baik-baik saja alias tidak terdapat hangus pada lilitannya.

Lalu saya pun mencoba membongkar sambungan antara kabel dan spul yang terdapat pada motor (yang terikat pada lilitan motor kipas angin tersebut).

Dan ternyata, memang terlihat gosong pada sambungan tersebut, yaitu pada ujung kabel yang tersambung dengan ujung kawat spul tadi, dan kabel tersebut juga putus.

Pembungkus kabel yang terbuat dari plastik tampak gosong, inilah bau terbakar tersebut.
Gejala lain adalah terdengar mendengung pada motor.
Baca JugaCara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar
Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung

Seperti yang diketahui pembaca pada umumnya jika kapasitor kipas angin telah rusak atau putus, maka motor tidak mau berputar dan motor akan mendengung saja.

Kipas Angin Mendengung dan Bau Gosong
Kipas angin mendengung dan bau gosong


Dan gosongnya kabel tersebut adalah yang menuju ke kapasitor.
Lalu saya pun melakukan perbaikan dengan memotong kabel yang gosong dan putus tadi lalu menyambungnya lagi.

Akhirnya kipas angin pun berputar normal tanpa ada bau hangus dan suara mendengung lagi.
Kesimpulan: bila terdapat bau terbakar, kita tidak bisa langsung memvonis bahwa kerusakan terjadi pada spulnya yang terbakar begitu saja.

Bisa jadi bau gosong tersebut adalah karena terbakarnya kabel yang ada pada sambungan (karena pembungkus dari kabel tersebut terbuat dari plastik dan tidak tahan terhadap panas) seperti yang saya alami disini.

Dan bila spul tersebut benar-benar terbakar, ya kita harus menggulungnya ulang atau menggantinya dengan yang baru karena sekarang sudah tersedia (1-set motor) di toko elektronik dengan pilihan kawat spul yang terbuat dari aluminium atau dari tembaga.

Semoga artikel tentang cara untuk mengatasi Kipas angin mendengung dan bau hangus ini bermanfaat untuk pembaca semua

Artikel ini adalah pindahan dari blog www.romli.net © All rights reserved.
Kipas angin bau gosong, kipas angin bau gosong apakah bahaya, Kipas Angin Mendengung dan Bau Gosong, motor kipas bau sangit, cara memperbaiki kipas angin berbunyi, harga dinamo kipas angin, bushing kipas angin, kipas angin terbakar, kipas tiba-tiba mati, putaran kipas angin terbalik, kipas angin bau plastik, kipas angin tanpa kapasitor, kipas angin baru bau, ciri ciri dinamo kipas angin terbakar, penyebab kipas angin panas, kipas angin meletup, spul kipas angin, cara memperbaiki dinamo kipas angin terbakar, penyebab kipas angin panas dan tidak berputar, harga spul kipas angin


Related Posts

27 comments

  1. kalau kipas amplifier yang mendengung gimana atasinya Bos?

    masih berputar tapi mendengung gitu, kalau volumenya kecil lumayan mengganggu, tapi masa iya harus keras terus, ada solusi nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila suara mendengungnya terdengar di speaker, buatlah regulator sendiri untuk kipas angin tersebut, pernah saya bahas di artikel yg lain.. Tapi bila suara mendengungnya berasal dari kipas angin, ganti kipas angin dg yg baru..

      Delete
    2. kadang di speaker kadang nggak,
      mana link artikelnya Bos?

      Delete
    3. ini linknya.. www.romli.net/2014/11/menghilangkan-suara-dengung-pada-rangkaian.html

      Delete
  2. mantabbbbb dah ni artikel, ilmunya sangat berguna sekali, thanks infonya gan...
    kunjungi juga link di bawah ini :)
    http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  3. Saya mau nanya ni gan..
    Saya baru beli kipas merk arashi, jadi setelah saya hidupin gak berapa lama kok ada bau2 gitu, kayak motor setelah dibawa perjalanan jauh..

    Pertanyaan saya mesinnya bermasalah atau gara2 baru jadi bau gitu..?
    Tolong solusinya ya..
    Terimakasih..

    ReplyDelete
  4. Saya mau nanya ni gan..
    Saya baru beli kipas merk arashi, jadi setelah saya hidupin gak berapa lama kok ada bau2 gitu, kayak motor setelah dibawa perjalanan jauh..

    Pertanyaan saya mesinnya bermasalah atau gara2 baru jadi bau gitu..?
    Tolong solusinya ya..
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kipas angin yg mbak beli ini bermasalah (coba pegang body motor kipasnya, penasnya berlebihan apa nggak?) tapi dari beberapa produk cina memang ada yang mengeluarkan bau gosong pada pemakaian pertama dan untuk selanjutnya normal..

      Delete
  5. Mau nanya bis kipas ampli saya cepet panas gimana ya solusi ngatasin ny biar g cpat panas

    ReplyDelete
  6. Gan sya mau nanya kipas sya merek maspion f18D8 kipasnya nyala berputar tapi kok bau gosong dan sya pgang bagian kumparannya kok panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bongkar dan liat warna lilitannya.. Bila gosong berarti harus ganti baru lilitannya.. Beli jadi skrg tersedia di toko elektro

      Delete
  7. Mau tanya mas .. saya baru 2 hr ini beli kipas merek miyako ! Udah 2 malam ini saya mencium bau gosong gitu dr meain kipas . Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya motornya bermasalah.. Kembalikan ke tokonya, kan masih garansi?

      Delete
  8. Nau tanya bos kalau kipas gk hidup pas dicek pakai tespen semua bagian motor ad api itu masalaj nya ap y?

    ReplyDelete
  9. Mas kalo kpas hidup bentar terus mati apanya ya mas itu berulang2 mas

    ReplyDelete
  10. mas kalo dinamo itu memang panas banget yah?

    ReplyDelete
  11. PERMISI,Saya boleh bertanya gak mas,saya kan punya kipas mereknya SIVICOM, nah gak lama kemudian saya nyalain Terus kok ada suara ledakan tapi kecil ,terus abis pas meledak listrik rumahku anjlok, pas sudah nyalain listrik,ada bau gosong DI kipas NYA ???

    ReplyDelete
  12. Benerin kipas angin saya min 😂 persis banget sama yang dijelasin diatas .

    ReplyDelete
  13. cpu habis dibeenrin dan di ganti semua mulai power suply, vga, harddisk, pokoknya semua komponen udah di ganti, tapi kok masih ada bau kabel terbakar ya cuma, kipas angin dll normal, suara dengung juka sangat kecil volumenya cuman baunya aja kayak kabel kebakar, itu kenapa ya? apakah masih ada kerusakan? tolong bantuanya

    ReplyDelete
  14. Mau nanya nih gan...sy punya kipas angin sekai.pas di nyalain kayak ada bunyi meledak gitu...apa nya yg meledak itu gan?

    ReplyDelete
  15. Barusan kipas sekai saya kabelnya mendadak ada percikan api.untung cepat saya cabut..pas saya lihat kabelnya udah mau kebakar seperti kepotong dikit gitu..mengapa bisa begitu ya gan? Kabelnya kah yang bermasalah? Ataukah yg lain?

    ReplyDelete
  16. Biasany hal tsb karena apa ya? Apa karena stopkontak yang selalu di colok atau apa?? Lalu klo yg saya alami itu mendengung dulu baru terbakar krn ada percikan api dari belakang kipas lalu berasap dan bau ke kabar .Lalu sy langsung matiin dan ga berani sentuh. Trs mohon saran bagi seorang wanita yang ingin memperbaiki kipasnya dalam waktu 4 jam .

    ReplyDelete
  17. kl setrika baru (maspion) bau terbakar saat dipakai utk panas yg hampir maksimal/buat katun,wajar ga ya? smntara lampu pngatur suhu, berfungsi baik.

    ReplyDelete
  18. Maaf mw nanya ni gan, jalur spul dan kabel pada putus gan aku bingung nyambungnya gan, mana yg untuk wrna merah,putih,hitam dan orange gan, bisa kasih solusi gan, makasih

    ReplyDelete
  19. Maaf mw nanya ni gan, jalur spul dan kabel pada putus gan aku bingung nyambungnya gan, mana yg untuk wrna merah,putih,hitam dan orange gan, bisa kasih solusi gan, makasih

    ReplyDelete