04 January 2019

Home Elektro Tips › Cara Mudah Memperlambat Putaran Kipas Angin

Cara Mudah Memperlambat Putaran Kipas Angin

Daftar Isi [Lihat]

Sobat pembaca..kali ini saya akan menulis artikel tentang cara yang mudah untuk memperlambat putaran kipas angin.
Hal seperti ini diperlukan karena setelah kita melakukan penggantian spul kipas angin dengan sparepart lokal / cinaan, putaran menjadi terasa lebih cepat daripada sebelumnya, bagaimana cara yang mudah untuk memperlambat putaran kipas angin ini?.

Ini kebalikan dari artikel yang telah saya tulis sebelumnya.
Yang mana artikel yang saya tulis tersebut adalah cara mudah untuk mempercepat putaran kipas angin, bukan untuk memperlambat.
Nah, di artikel inilah kita akan membahas tentang cara yang mudah unuk memperlambat putaran kipas angin tersebut.

Baca Juga Cara mudah mempercepat putaran kipas angin

Penggantian spul ini sengaja dilakukan karena spul tersebut memang sudah tebakar atau gosong, jadi mau gak mau harus gulung ulang atau ganti spul baru.

Karena di pasaran sekarang sudah tersedia spul jadi dan tinggal pasang langsung nyala, maka kita tak perlu repot-repot lagi untuk gulung ulang spul motornya.

Namun setelah dipasang.. putaran terasa lebih cepat dan kencang, sebenarnya ini sih lebih enak karena terasa lebih sejuk..

Tapi kalau untuk yang gak terbiasa dengan angin yang kencang seperti ini bisa – bisa jadi masuk angin.. hehehe..

Baca Juga Cara Cepat Memperbaiki Kipas Angin Yang Seret Tidak Mau Berputar

Cara Mudah Memperlambat Putaran Kipas Angin

Dengan sedikit cara modifikasi kita bisa dengan mudah untuk memperlambat putaran kipas angin tersebut.
Yaitu dengan mengganti kapasitor starternya, dengan nilai yang lebih kecil.

Sobat bisa menghubungkan secara seri dengan kapasitor sejenis dengan nilai yang sama, maka nilainya akan menjadi kecil karena terhubung secara seri tadi.

Atau sobat bisa langsung menggantinya dengan nilai dibawahnya sesuai selera.

Dan jangan menggantinya dengan nilai diatasnya karena putaran kipas angin akan menjadi lebih cepat lagi dan spul akan menjadi  terbakar..!

Cara mudah memperlambat putaran kipas angin
Ilustrasi spul kipas angin


Mengapa ini bisa terjadi?
Hal ini disebabkan karena kapasitor tersebut berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik.

Bila kapasitor mempunyai nilai lebih besar, maka akan memberikan muatan yang lebih besar pula saat pertama motor (kipas angin) dinyalakan.

Begitu pula bila dipasangkan kapasitor dengan nilai yang sangat kecil atau tanpa kapasitor, maka motor (kipas angin) akan berputar sangat pelan atau bahkan tidak bisa berputar.

Baca Juga Kipas angin mendengung dan bau gosong
Semoga artikel tentang cara mudah memperlambat putaran kipas angin bermanfaat bagi pembaca semua..

Artikel ini adalah pindahan dari blog www.romli.net © All rights reserved.
Cara mudah memperlambat putaran kipas angin, Cara memperlambat putaran kipas angin secara sederhana, memperlambat putaran kipas angin dengan dioda, Komponen untuk memperlambat kipas angin, kapasitor untuk memperlambat putaran kipas angin, cara memperlambat putaran dinamo listrik, rangkaian untuk memperlambat putaran dinamo, cara memperlambat putaran dinamo dc, cara memperlambat putaran gerinda tangan, cara memperlambat putaran dinamo pompa air, cara memperlambat putaran dinamo listrik, dimmer kipas angin, rangkaian untuk memperlambat putaran dinamo, cara memperlambat putaran dinamo dc, cara memperlambat putaran gerinda tangan, cara memperlambat putaran dinamo pompa air, saklar kipas angin, kapasitor pengatur kecepatan kipas angin, bagaimana cara pengaturan kecepatan putaran pada kipas angin, potensio kipas angin, dimmer kipas angin gantung, rangkaian pengatur kecepatan kipas angin

Related Posts

1 comment

  1. Makasi infonya. . Sy mao coba .
    Kalau seandainya menggunakan dimer lampu yg bertujuan untuk menurunkan tegangan listrik shg diharapkan putaran kipas jadi lbh pelan ....Merusak dinamo gak yah ? Tq

    ReplyDelete